PUNYA BLOG DENGAN HOSTING DAN DOMAIN BERBAYAR MENJADI LEBIH KEREN

Punya blog dengan domain dan hosting berbayar, mungkin bagi sebagian para blogger merasa keberatan, karena harus mengeluarkan uang ektra hanya untuk membayar domain dan hosting saja. Mungkin boleh dibilang begini, ngapain gue harus keluar uang jika masih ada yang gratis? iya memang betul, tadinya saya juga berpikiran begitu ketika blog saya pondokbelajar.web.id ini belum ada dan masih hosting diblogger dengan url pondokweb.blogspot.com.

Setelah hampir satu tahun lamanya saya menggunakan blogspot dan juga wordpress, dan seiring dengan perjalanan waktu, saya merasa ingin memindahkan blog saya dari blogspot ke hosting berbayar, ya seperti sekarang ini, makanya jadi lebih keren kan? hehe memuji sendiri.

Jika dilihat dari segi kualitas dan kebanggaan tentunya akan lebih mantap kalau tulisan-tulisan kita yang tersaji itu berada di domain dan hosting kita sendiri.

Untuk harga sebuah domain itu sangat tergantung pada pilihan domain tersebut, contoh : .com, .net, .info dst. Apa yang anda sukai? Anda bisa cari domain yang murah tapi berkualitas, syukur-syukur anda bisa dapat promo. Sebuah domain biasanya mempunyai masa jatuh tempo selama satu tahun.

Sedangkan untuk hosting, ini juga tergantung pada pilihan, apakah website anda banyak pengunjungnya? jika iya, ini artinya anda harus bisa memilih space dan bandwitdh yang lebih besar untuk menghindari limited bandwitdh terkait pengunjung website anda yang sudah banyak tersebut. Untuk sebuah hosting berbayar, sebenarnya harganya tidaklah mahal-mahal amat, malah mungkin lebih murah dari secangkir teh, anda bisa lihat disini.

Nah, sekarang gimana? mau tetap yang gratisan atau yang berbayar? jawabannya ada pada hati nurani anda sendiri. Jika ingin yang gratisan saja, ya..silahkan anda teruskan. Tetapi jika anda ingin memulai punya domain dan hosting sendiri yang berbayar, maka kita akan lanjut.

Disini saya akan coba berikan cara-caranya yaitu :

1. Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu domain anda kepada penyedia layanan hosting, atau jika anda belum punya domain, anda bisa beli dua-duanya disini.

2. Cari nama domain yang bagus yang belum dimiliki orang lain, dan pilih harga hosting yang sesuai dengan anggaran anda.

3. Jika dua-duanya sudah anda miliki dan proses pendaftarannya selesai. Nantinya anda akan mendapatkan email dari penyedia layanan hosting tadi, agar anda dapat mentransfer sejumlah uang sesuai pesanan anda.

4. Setelah anda mentranfer sejumlah uang yang dimaksud, secepatnya lakukan konfirmasi kepada mereka (penyedia layanan hosting), agar website anda bisa cepat diaktifkan. Proses aktifasi hosting biasanya memakan waktu 0 s/d 24 jam.

5. Dan jika hosting anda sudah aktif, maka mulailah lakukan posting rutin untuk website anda.

6. Sekian, Selamat mencoba,

  1. aslkm.wr.wb Pak darmawan -saya minta bimbinganya setelah saya membca artikel bpak saya tertarik dan mempunyai impian suatu saat sya menjadi bloger sukses sprti pak darmawan untuk memulai blog tsb sebaiknya saya memulai langsng dr self hosted lngsng saja atau bgmn.trims

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>