CARA INSTALASI WORDPRESS DENGAN SOFTACULOUS SETUP

Ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli domain berikut hostingnya, (baca dulu disini), maka itu artinya Anda sudah mulai serius dengan bisnis yang akan Anda jalankan nanti. Berpindah dari domain dan hosting yang gratisan ke domain dan hosting yang berbayar (baca dulu disini) akan lebih menguntungkan bagi Anda, karena jika bisnis Anda tersebut masih menggunakan hosting yang gratisan, takutnya suatu saat nanti hosting gratisan Anda tersebut akan kena suspend dengan alasan yang tidak jelas.Oleh karena itu untuk mengamankan file yang telah Anda buat dengan susah payah, maka akan lebih bijak jika Anda  memilih untuk membeli domain dan hosting yang berbayar saja. Ada banyak penyedia layanan hosting di Indonesia yang bisa Anda pilih. Salah satu contohnya seperti : IDWebhost.com, Rumahweb.com, dsb.

Nah, setelah Anda mendaftarkan dan mendapatkan domain dan hosting dari penyedia layanan hosting yang Anda pilih tadi, selanjutnya Anda tinggal menjalankan domain Anda tersebut. Tapi sebelum Anda mulai menjalankan website Anda itu, terlebih dulu Anda harus melakukan instalasi wordpress di cpanel.

Cara Login ke Cpanel.

Dari email aktifasi yang Anda terima dari penyedia layanan hosting Anda, didalam email tersebut sudah terdapat petunjuk aktifasi antara lain : username dan password, keduanya ini adalah cara untuk kita bisa masuk atau login ke cpanel. Kemudian klik web browser (mozilla firefox) Anda, ketik : “namadomainanda.com/cpanel”, masukan username dan password tadi, maka Anda akan dibawa ke tampilan home cpanel Anda, pada Welcome New User klik saja No, I’m fine. Thanks! (lihat contoh gambar#1)

Contoh : Gambar#1

Selanjutnya pada bagian Software, klik Softaculous, lalu klik WordPress. Atau Anda klik WordPress pada Softaculous Apps Installer, mana yang Anda suka saja, (lihat pada contoh gambar#2).

Baca Juga :   MEMBUAT DOMAIN GRATIS DENGAN CO.CC, HOSTING TETAP DI BLOGSPOT

Contoh : Gambar#2

Selanjutnya Anda akan masuk kedalam setting Software Setup. (lihat contoh gambar#3)

Contoh : Gambar#3

Untuk mengisi data-data yang saya beri tanda merah. (lihat contoh gambar#3) adalah sebagai berikut:

1. Choose Protocol – Ini adalah jenis protocol alamat website Anda, apakah ingin menggunakan alamat dengan www atau tanpa www.  Contoh : http:// atau http://www. atau https:// atau http://www. (terserah Anda maunya yang mana).

2. Choose Domain – Masukan Nama Domain Anda (www.namadomainanda.com) atau jika domain Anda tersebut sudah di setting oleh penyedia layanan hosting Anda maka biarkan saja.

3. In Directory – Jika Anda tetap ingin menginstal dengan direktori utama, maka kolom ini dikosong saja, hapus saja jika ada tulisan seperti “wp”.

4. Database Name – Ini adalah nama database yang akan terbentuk di hosting Anda setelah proses instalasi WordPress selesai. Biarkan sesuai default, atau isi dengan nama domain Anda (tanpa .com) untuk memudahkan Anda menemukannya pada File Manager.

5. Table Prefix – Biarkan saja seperti semula, biasanya ada tulisan : wp_. Ini adalah awalan yang digunakan pada database website Anda.

Kemudian Anda terus dengan masuk kedalam Site Settings, Admin Account dan Choose Language .(lihat contoh gambar#4)

Contoh : Gambar#4

Didalam Site Settings, terdapat Site Name dan Site Description. Pada Site Name : Isi saja dengan nama Domain Anda, dan pada Site Description : Isi dengan penjelasan tentang website Anda. Setting ini juga dapat Anda rubah nanti pada dashboard WordPress Anda.

Kemudian untuk Admin Account, Anda isikan saja Username, Password dan Emailnya tersebut sesuai keinginan Anda. Isi semua datanya dengan  benar. Karena data yang Anda masukan akan sangat berguna saat Anda masuk ke blog WordPress Anda nanti, contoh : http://domainanda.com/wp-admin

Baca Juga :   CARA MEMPEROLEH PENGHASILAN MELALUI BLOG

Selanjutnya pada Choose Language, lalu pada Select Language pilih bahasa English saja atau pilih sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu, klik Install, maka proses instalasi akan berjalan dalam beberapa saat. Tunggu proses instalasi sampai selesai dan berhasil.

Jika proses instalasi telah selesai dan berhasil, Anda bisa langsung menuju ke http://namadomainanda.com/wp-admin, masukkan username dan password yang sudah Anda masukan sebelum proses instalasi tadi.  Dan selesai.

Selamat mencoba, semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pondok belajar web * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.