CARA MUDAH MERUBAH BLOGSPOT MENJADI DOMAIN SENDIRI

Lama tidak ngeblog terasa canggung buat saya untuk nulis lagi di blog ini, jika melihat postingan terakhir saya, itu ada pada tahun 2012, sedangkan sekarang ini sudah berada pada akhir tahun 2017 tepatnya bulan Desember 2017, dan sebentar lagi akan memasuki tahun 2018. Hitung-hitung pake kalkulator sudah 5 tahun lebih saya tidak posting lagi artikel di blog ini. Wow lama banget ya!! jika berandai-andai saja dalam 1 bulan saya dapat nulis 1 artikel, wah pasti sudah banyak sekali artikel untuk blog saya ini, tapi ya sudahlah gapapa, yang penting blog ini masih aktif ya kan bro!! hehe.

Memiliki Domain Sendiri

Sekarang ini kelihatannya para blogger sudah mulai sadar pentingnya Memiliki Domain Sendiri tanpa embel-embel Blogspot.com dibelakang domain kesayangan. Sebenarnya kalau dipikir-pikir berapa sih harga domain sekarang. Kemaren saya beli untuk domain yang ekstensi .com atau .net harga sekitar Rp.120.000,-saja, dan itu berlaku untuk 1 tahun, artinya kita cuma menyisihkan uang Rp.10.000 per bulan untuk beli domain yang kita inginkan.

Ekstensi Domain Apa Yang Bagus?

Kalau saya pribadi lebih suka memilih domain yang berekstensi .com atau .net. sebenarnya ada banyak ekstensi domain yang bisa kita pilih seperti : .biz, .info, dst, atau jika suka yang berekstensi domain Indonesia juga boleh seperti : .web.id, my.id, .id dst.

Dimana Tempat Yang Bagus Beli Domain?

Jika anda ingin membeli domain, saya sarankan lihat track record penyediaan layanan TDL tersebut. Kalau saya boleh rekomendasikan untuk anda, dimana biasanya saya membeli domain dan hosting saya yang ada sekarang ini, ada 2 tempat yang bisa anda coba yaitu Rumahweb.com atau IDwebhost.com. semua Domain dan Hosting saya terdaftar di 2 tempat ini, keduanya memang sudah terpercaya serta memiliki tim support yang handal.

Bagaimana Cara Daftar Domain?

Untuk mendaftarkan Domain anda, anda bisa pilih salah satu dari 2 tempat yang saya rekomendasikan tadi, yaitu di Rumahweb.com atau di Idwebhost.com.

Untuk cara mendaftarkan domain tersebut, disini saya tidak menjelaskan secara detail, anda bisa ikuti langkah-langkahnya antara lain :

Baca Juga :   PUNYA BLOG DENGAN HOSTING DAN DOMAIN BERBAYAR MENJADI LEBIH KEREN

1. Rumahweb.com, Silahkan anda register dulu klik disini, isi data-data yang diminta, dan kemudian konfirmasi email anda, selanjutnya silahkan anda login ke clienzone anda, klik disini untuk cari domain yang available. Jika sudah dapat domain yang anda kehendaki, silahkan ikuti saja langkah-langkahnya hingga selesai, sampai ke proses pembayaran domain.

2. Idwebhost.com, Silahkan anda register dulu klik disini, isi data-data yang diminta, dan kemudian konfirmasi email anda, selanjutnya silahkan anda login ke clienarea anda, klik disini untuk cari domain yang available. Jika sudah dapat domain yang anda kehendaki, silahkan ikuti saja langkah-langkahnya hingga selesai, sampai ke proses pembayaran domain.

Bagaimana Cara Menempatkan Domain di Blog?

Bagi anda telah memiliki Domain yang diinginkan, setelah mendaftarkan Domain tersebut di antara kedua provider yang telah saya rekomendasikan, maka selanjutnya anda tinggal memasang domain tersebut ke blog agar bisa segera dapat di akses.

Langkah-langkahnya dapat anda ikuti antara lain :

1. Klik browser Firefox atau Google Chrome, ketik Blogger pada search engine Google, lalu klik Blogger dan silahkan masuk ke Blogger dengan akun gmail yang anda miliki.

2. Ketika anda berada pada halaman Dasbor blogger, ada 2 pilihan yang bisa anda lakukan, yaitu apakah anda ingin membuat Domain baru atau anda sudah memiliki Domain di blogger, jika anda memiliki pilihan kedua, maka anda tinggal Masuk ke Menu klik “Setelan” pilih dan klik “Dasar” lalu pada menu Publikasi cari dan silahkan klik “Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda“.

3. Pada setelan domain pihak ketiga, masukkan “Nama Domain” yang anda miliki dan telah terdaftar di provider dimana anda terregistrasi, contoh : http://www.hanya.contoh.com, (harap diingat bahwa setiap memasukan nama domain harus di dahului dengan : www.) kemudian klik “Simpan

Baca Juga :   MENGAPA HARUS PUNYA DOMAIN DAN HOSTING..??

4. Setelah proses “Simpan” maka tampilannya sebagai berikut :  5. Penjelasan mengenai gambar diatas : 1. Pada kotak pertama yang ada tulisan “Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 14“, adalah sebuah peringatan yang sepertinya bisa anda abaikan saja, kemungkinan adanya peringatan ini karena ada kesalahan dalam proses pendaftaran domain di blogger, tetapi ini saya anggap tidak berpengaruh pada domain yang sudah terdaftar. Kemudian 2. Pada kotak yang ke dua ini, adalah alamat Hosting Google yang nanti akan kita masukan pada Domain kita yang ada di Provider.

6. Selanjutnya kita ke Provider dimana domain kita terdaftar, tetapi sebelum kesana mohon anda tidak mengkilk “Simpan” terlebih dahulu, pada settingan seperti gambar diatas, biarkan saja seperti itu sebelum kita selesai menyetting domain di provider.

7. Sekarang kita masuk ke Client Area, dalam hal ini kita akan melihat Client Area Rumahweb.com dimana domain-domain saya terdaftar disana.  Sedikit penjelasan mengenai apa itu Client Area? Client Area adalah tempat dimana kita dapat memonitor Hosting dan Domain kita yang terdaftar. Melalui Client Area juga kita dapat mengontrol hosting kita jika kita menggunakan hosting berbayar.

8. Ketika kita sudah bisa masuk ke Client Area, pilih “Domain” lalu “List Domain Saya“, lalu klik tanda panah, kemudian klik “Kelola Domain“.  9. Kemudian klik “DNS Management”  10. Kemudian klik “Start11. Kemudian klik “Update12. Kemudian klik “Setting Blogspot“. Dengan mengklik setting blogspot ini kita tidak lagi direpotkan oleh setting-setting yang mungkin akan membuat pusing pada sebagian para pemula yang belum mengerti atau paham mengenai hal tersebut. Maka dengan adanya kemudahan Setting Blogspot di Rumahweb.com ini sudah dapat dipastikan tidak ada keraguan untuk anda, mendaftarkan domain anda disini. Ini semua tidak terlepas dari kerja keras yang dibuat oleh Tim Teknis Rumahweb.com.  13. Tetapi langkah diatas belum selesai, anda masih harus menambahkan “Record Baru” untuk dapat memasukan kode “Hosting Google” seperti dibawah ini agar bisa berjalan dengan baik. 14. Record Baru yang harus ditambahkan seperti dibawah ini : 15. Penambahan kode “Hosting Google” maka akan menjadi seperti dibawah ini : 16. Selanjutnya kita kembali ke Setelan Dasar di Blogger seperti dibawah ini; setelah itu klik “Simpan” :  17. Jika semua langkah-langkah diatas sudah diikuti dengan “Benar”, maka seharusnya domain anda sudah terpasang dengan sukses, seperti contoh dibawah ini : 18. Selanjutnya klik “Edit” untuk setting agar domain anda dapat di akses tanpa “www.”, karena itu anda jangan lupa memberi centang pada kotak “Alihkan namadomain.com ke www.namadomain.com“, lalu kemudian klik “Simpan19. Selesai, untuk dapat mengakses domain yang sudah di hosting di google perlu waktu lebih kurang 1×24 jam. Tetapi anda bisa saja coba-coba untuk ngecek terus domain tersebut. Dan jika domain sudah bisa di akses silahkan anda persiapkan tulisan terbaru.

Baca Juga :   PUNYA BLOG DENGAN HOSTING DAN DOMAIN BERBAYAR MENJADI LEBIH KEREN

Sekian, semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Selanjutnya untuk pendaftaran domain pada provider IDwebhost.com, akan saya tuliskan pada kesempatan yang lain. Terima kasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pondok belajar web * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.