CARA MUDAH SETTING BLOGSPOT DI IDWEBHOST

Dalam pembahasan sebelumnya mengenai cara mudah merubah domain blogspot menjadi domain sendiri yang berekstensi com, net, dst, disana sudah dijelaskan cara setting domain blogspot menjadi domain sendiri, hanya saja dalam pembahasan itu settingan domainnya yang terdaftar di Rumahweb.com.

Sedangkan untuk kali ini seperti yang sudah saya sampaikan, saya akan melanjutkan pembahasan mengenai setting domain yang terdaftar di IDWebhost.com, yaitu dengan judul tulisan cara mudah setting blogspot di IDWebhost.com.

Sebelum menuju ke pokok utama pembahasan mengenai cara mudah setting blogspot di IDWebhost, saya kira ada baiknya, anda baca kembali tutorial sebelumnya disini. Akan tetapi jika anda kurang suka bolak-balik buka halaman tersebut, maka akan saya coba ulangi kembali bagaimana cara masuk ke blogger mulai dari awal hingga selesai agar anda lebih mengerti.

Cara Masuk ke Blogger

1. Silahkan anda masuk ke akun Blogger dengan menggunakan email yang terdaftar di gmail.com
2. Setelah masuk halaman Blogger, cari dan klik Setelan pilih Dasar lalu klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda. Lihat gambar dibawah ini :

3. Setelah itu pada Publikasi, masukan nama domain anda yang sudah terdaftar di IDWebhost.com, di awali dengan www. Contoh : http://www.namadomain.com, lalu Simpan. Lihat gambar dibawah ini :

4. Selamat domain anda telah berhasil mendapatkan CNAME hosting di googlehosted.com seperti tampak pada gambar dalam tanda kotak merah. Lihat gambar dibawah ini :

5. Stop! Jangan anda lanjutkan dulu ke proses Simpan, biarkan saja halaman tersebut seperti itu, tinggalkan sejenak, lalu anda lanjut dulu menuju ke Client Area IDWebhost.com.

Mengapa Memilih IDWebhost.com

Selain terdaftar di Rumahweb.com, saya juga mendaftarkan Domain saya di IDWebhost.com, mengapa memilih IDWebhost.com? Yach, karena IDWebhost.com sering kali mengadakan Promo-Promo Domain Murah, Lumayankan dapat domain bagus dengan harga murah, walaupun promo tersebut hanya berlaku 1 tahun, tetap saja kita bisa menggunakan domain tersebut selama belum memasuki masa perpanjangan.

Baca Juga :   CARA MEMBUAT TOKO ONLINE AMAZON

Selain mendaftarkan domain anda di IDWebhost.com, anda juga bisa beli Hosting disini, silahkan lihat harga hosting IDWebhost.com disini. Jika memang anda tidak keberatan beli hosting berbayar, anda mungkin tidak salah memilih IDWebhost.com sebagai tempat hosting website anda, dan selama saya menggunakan hosting di IDWebhost.com ini saya merasa tidak pernah ada gangguan yang berarti dan yang pasti harga hostingnya cukup murah serta cukup stabil.

Bagaimana Cara Daftar Domain di IDWebhost

Agar anda bisa mendaftarkan domain anda di IDWebhost.com, sebelumnya anda harus terdaftar terlebih  dahulu sebagai Client di IDWebhost.com, caranya dengan mengisi formulir seperti dibawah ini :

Selanjutnya setelah proses pendaftaran anda menjadi client disetujui, maka anda bisa langsung membeli domain yang anda inginkan di IDWebhost.com. Jika anda beruntung boleh jadi anda akan mendapatkan domain dengan harga yang sedang promo.

Demikian pula dengan Hosting di IDWebhost, ada berbagai pilihan hosting yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Dan untuk anda yang baru saja mulai memasuki dunia blogging, ada baiknya anda coba dulu pakai Hosting idPersonal, karena hosting idpersonal ini sepertinya memang dimaksudkan untuk para pemula.

Sedangkan jika nanti website anda sudah mulai ramai pengunjung dan memerlukan tambahan space, maka anda bisa upgrade ke yang lebih tinggi. contoh seperti Hosting idBasic dst. Lihat gambar dibawah ini:

Cara Setting Domain di IDWebhost.com

1. Silahkan Anda Login dulu di Client Area IDWebhost.com. Lihat gambar dibawah ini :
2. Pada halaman Client Area, klik Domain Aktif. Lihat gambar dibawah ini :
3. Selanjutnya klik Kelola Domain, lalu klik Manage Nameservers, Lihat gambar dibawah ini :
4. Kemudian klik Nameserver. silahkan anda rubah nameservernya khusus kelola DNS: ns1.idwebhost.id dan ns2.idwebhost.id Lalu klik Simpan Perubahan
5. Masih pada halaman yang sama klik Alat Pengelolaan, lalu klik Kelola DNS. Lihat gambar dibawah ini :
6. Kemudian pada halaman DNS Management. Silahkan anda masukan atau input 4 IP Address Blogspot, satu persatu, dibawah ini :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Lihat gambar dibawah ini :

Penjelasan gambar diatas sebagai berikut :
1. Pada Nama Host, beri saja tanda @ maka otomatis akan berubah menjadi Nama Domain anda, saat di Simpan.
2. Pada Jenis Records, pilih A (Address)
3. Pada Alamat, masukan satu persatu 4 IP Address Blogspot, lihat diatas.
4. Pada Priority, dikosongkan saja.

Baca Juga :   CARA MEMBUAT MENU NAVIGASI DI BLOGSPOT

Selengkapnya setelah ke 4 IP Address yang sudah terinput, Lihat gambar dibawah ini :
7. Selanjutnya anda masukan kode hosting blogspot berikut ini :
Setelah terinput semua, anda bisa lihat sebagai berikut :
Penjelasan gambar diatas sebagai berikut :
1. Pada Nama Host, masukan www dan kode hosting blogspot.
2. Pada Jenis Records, pilih CNAME (Alias)
3. Pada Alamat, masukan ghs.google.com dan kode alamat hosting blogspot.
4. Pada Priority, dikosongkan saja.

Selengkapnya setelah semua terinput dengan baik. Lihat gambar dibawah ini :
8. Setelah setting domain di IDWebhost.com Selesai, selanjutnya kita kembali ke Blogspot yang telah kita ditinggalkan sebelumnya. Pada halaman ini anda hanya perlu klik Simpan untuk menyelesaikan settingan di blogger. Lihat gambar dibawah ini :
9. Kemudian setelah proses Simpan selesai, maka nama domain blogspot yang sebelumnya ada telah berubah menjadi domain sendiri. Lihat gambar dibawah ini :
10. Selanjutnya klik Edit, lalu beri Tanda Centang pada kotak kosong seperti gambar dibawah, kemudian klik Simpan
11. Selesai, seluruh settingan sudah selesai dibuat, anda tinggal menunggu propagasi domain kurang lebih 1×24 jam. Maka setelah itu domain anda yang hosting di blogspot sudah bisa di akses.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pondok belajar web * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.