CARA MUDAH MERUBAH HTTP MENJADI HTTPS DI BLOGGER

Sebelum merubah website kalian dari HTTP menjadi HTTPS, sebaiknya kalian mengenal dahulu apa itu HTTP atau HTTPS? Mari kita bahas pengertian dan fungsinya maupun cara kerjanya.

Pengertian HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
merupakan istilah yang diberikan pada sebuah protokol dan dipergunakan untuk mengirimkan dokumen dari WWW (World Wide Web). HTTP dapat pula diartikan sebagai protokol jaringan untuk pendistribusian sistem informasi hypermedia secara kolaboratif. HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk WWW.

Fungsi Utama dari protokol HTTP sebenarnya cukup sederhana, yaitu untuk mengkomunikasikan satu komputer dengan lainnya. Protokol sendiri bisa diibaratkan seperti perintah yang wajib dijalankan setiap komputer agar dapat mengirim dan menerima pesan.

Cara Kerja HTTP dapat dijabarkan sebagai berikut :
1. Komputer klien (HTTP klien) membuat sambungan, lalu mengirimkan permintaan dokumen ke web server.
2. HTTP server kemudian memproses permintaan klien, sementara itu, HTTP klien menunggu respon dari server tersebut.
3. Web server merespon permintaan dengan kode status data, lalu barulah menutup sambungan ketika telah selesai memproses permintaan.

Pengertian HTTPS ( Hypertext Transfer Protocol Secure)
adalah sebuah protocol komunikasi dalam jaringan komputer yang aman karena HTTPS membuat perintah atau data yang melalui protocol HTTPS ini dilindungi dengan sistem encryp melalui berbagi format sehingga dengan demikian akan menyulitkan para hacker yang berusaha membajak isi dokumen yang dikirimkan.

Fungsi Utama dari protokol HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah menjaga keamanan data baik data pengguna maupun data dari administrator dari para hacker yang berusaha untuk mencuri dokumen atau data secara ilegal. Selain itu digunakannya HTTPS bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya error program dari data dan kerusakan server akibat gagalnya koneksi yang disebabkan oleh ulah para hacker yang berusaha untuk mencuri data.

Baca Juga :   CARA MUDAH SETTING BLOGSPOT DI IDWEBHOST

Cara Kerja HTTPS dapat dijabarkan sebagai berikut :
1. Ketika Anda mengunjungi sebuah website dengan HTTPS, maka browser akan melakukan pengecekan apakah website tersebut terhubung dengan sertifikat SSL/TLS. Jika terhubung akan terjadi yang namanya SSL handshake.
2. Browser akan melakukan validasi dari sertifikat SSL dan memastikan website tersebut benar-benar valid. Selama proses SSL handshake, untuk public key dan private key akan melakukan enkripsi dan dekripsi.
3. Apabila sertifikat valid, session key akan dibuat oleh klien dan server. Setelah itu koneksi melalui internet sudah dalam kondisi aman dengan ditandai gembok berwarna hijau dan HTTPS sebelum nama domain.

Nah setelah kalian mengenal apa itu HTTP maupun HTTPS, kalian sudah bisa menentukan mengapa kalian harus menggunakan HTTPS pada website kalian. Agar kalian tidak penasaran mari kita mulai saja langkah-langkahnya.

Ada 2 langkah mudah untuk merubah domain tld kalian di blogger yang semula HTTP menjadi HTTPS, sebagai berikut :

1. Login di Blogger.
Sebelum kalian memulai ada baiknya kalian ketahui dulu, yaitu ketika kalian akan Login di Blogger, kalian jangan menggunakan login seperti biasanya pada blogger kalian, yaitu login dengan menggunakan “https://www.blogger.com”. Namun kalian rubah Loginnya menjadi “https://draft.blogger.com”. Pada halaman draft.blogger ini sebenarnya tidak ada yang berbeda ketika kalian login seperti biasanya. Hanya saja pada menu pengaturan ada setelan untuk HTTPS nya.

2. Pengaturan di Blogger.
Setelah kalian Login silahkan Klik pada bagian Pengaturan atau Setelan. Pilih pada bagian setelan HTTPS seperti gambar berikut ini:

Ketika kalian telah menemukan HTTPS, yang tampilan sebelumnya adalah “Tidak” maka kalian rubah menjadi “Ya” seperti gambar diatas, satu persatu. Karena pada saat pengalihannya akan membutuhkan beberapa detik saja untuk bisa berubah menjadi “YA”. Untuk melihat apakah perubahan sudah berjalan dengan baik, silahkan kalian refress browser kalian, hingga keduanya menjadi semua “YA”.

Baca Juga :   CARA SETTING DOMAIN BLOGSPOT MENJADI DOMAIN SENDIRI

Setelah itu silahkan kalian cek domain kalian apakah sudah berubah atau berganti menjadi “https://www.namadomain.com” atau belum?. Biasanya, jika perubahan berhasil maka tampilan HTTPS nya akan berwarna hijau.

Nah, bagaimana kalian mau mencobanya? Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

pondok belajar web * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.